oleh

Sapo tahu

Sapo tahu merupakan sejenis kuliner dalam bentuk sup. Nama “sapo” sendiri berasal dari panci yang digunakan untuk memasak makanan ini, yakni panci sapo alias claypot. Panci ini berbeda dengan panci pada umumnya, sebab claypot terbuat dari bahan keramik sehingga panci ini dapat menahan panas sup sampai tetes terakhir.

Seiring dengan perkembangannya, sapo tidak hanya menggunakan bahan dasar tahu saja tetapi sekarang ini telah ada banyak sekali varian resep sapo, mulai dari sapo seafood, sapo daging sapi, sapo daging ayam, sapo tahu seafood, sapo seafood spesial ayam, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai macam variasi sapo tersebut, sup satu ini memiliki rasa yang menggoda.

Sapo semakin nikmat dikonsumsi dengan tambahan bahan-bahan pelengkap seperti sayur wortel, jamur, sawi, brokoli, dan masih banyak lagi. Sementara itu bahan pelengkap sapo tahu biasanya juga ditambahkan daging cumi, udang, salmon, dan lain sebagainya.

Bahan-Bahan Sapo Tahu Seafood
Sebelum kita memulai membuat kuliner khas Cina ini, lebih baik Anda persiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan-bahan untuk membuat sapo tahu seafood ini memang cukup banyak sehingga Anda harus teliti agar jangan sampai ada yang terlewat.

 

 

 

 

 

 

Bahan-bahannya untuk membuat sapo tahu :

Minyak goreng cukup 25 ml
Kulit udang sebanyak 200 gr
Bawang putih cukup 2 siung, geprek
Kaldu ayam sebanyak 500 ml
Wortel sebanyak 3 batang, iris tipis dan rebus
Jamur shitake sebanyak 5 buah, iris tipis
Daun pokchoy sebanyak 2 batang, di kukus sebentar
Tahu sutra cukup 300 gr, potong bundar dan goreng hingga coklat keemasan
Bawang bombay cukup 1/2 siung
Udang sebanyak 7 ekor
Daging ikan dory (bisa ikan jenis lain) sebanyak 7 potong
Jamur shimeji cukup 100 gr
Saus tiram sekiranya 2 sdm
Minyak wijen sebanyak 1 sdm
Minyak ikan sebanyak 2 sdm
Cumi sebanyak 100 gr, ambil badannya bersihkan dalamnya
Tepung maizena sebanyak 3 sdm yang dilarutkan

Cara Membuat Sapo Tahu Seafood

Sekarang mari kita mulai mengolah resep sapo  seafood ini. Pertama kalinya siapkan sebuah panci terlebih dahulu, lalu isi dengan minyak secukupnya saja. Masukan kulit udang ke dalam panci tersebut dan rebuslah sampai berubah warna menjadi kemerah-merahan. Anda bisa menumis dengan menggunakan api kecil agar matang secara merata.

Selanjutnya masukan bawang putih yang telah digeprek ke dalam tumisan tersebut. Tumislah lagi sambil mengaduk-aduk sampai mengeluarkan aroma yang harum/wangi.

bursa poker

BURSAPOKER-Situs judi poker online terpercaya

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed