oleh

Sambal enak dari indonesia

Sambal enak dari indonesia Ada yang tidak lengkap jika orang Indonesia makan tanpa sambal. Apapun jenis makanannya, jenis sambal apapun selalu ada untuk melengkapi. Saat traveling atau tinggal di luar negeri pun, sambal kemasan selalu menjadi makanan yang wajib dibawa. Ibarat kata, orang Indonesia tidak bisa hidup tanpa sambal.

3 Jenis Sambal Dari Seluruh Penjuru Nusantara

 

 

 

 

1. Sambal Matah

Kalian tentu sudah sangat familiar dengan jenis sambal yang satu ini, sambal matah. Sambal ini berasal dari Bali dan merupakan jenis sambal yang disajikan mentah karena tidak melalui proses tumis dan uleg. Bahan pembuat sambal matah, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, jeruk, limau, dan sereh, diiris satu persatu, lalu dicampur dan diberi minyak kelapa.

Rasanya sangat segar dan pastinya lebih sehat karena nutrisi dalam bahan-bahan pembuatnya masih utuh dan tidak dimasak. Di Bali, sambal matah digunakan menjadi sambal pelengkap berbagai lauk pauk, seperti ayam goreng, bebek goreng, hingga ikan goreng.

2. Sambal Andaliman

Beralih ke daerah Sumatera, pulau ini terkenal dengan sambal andaliman yang memanjakan lidah. Jenis sambal yang satu ini berasal dari tanah Batak. Banyak yang bilang kalau bumbu rempah andaliman ini memang biasanya dipakai untuk masakan batak saja. Rasanya unik, ada sensasi mati rasa di lidah saat kita menggigitnya. Meski begitu, aroma andaliman selembut jeruk lho.

Meski tidak punya nama di nusantara, andaliman ternyata cukup dikenal di Asia Timur dan Selatan dengan sebutan Szechuan pepper. Kalian bisa merasakan betapa menggigitnya kepedasan masakan Sichuan yang di dalamnya menggunakan andaliman di berbagai restoran berikut ini.

Nah, kalau sambal andaliman sendiri terbuat dari cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, jeruk nipis, dan garam. Cara pengolahannya hanya perlu diuleg sampai halus sebelum disajikan.

3. Sambal Cabe Ijo

Yang suka menyantap masakan padang di Jakarta, pasti sahabatan dengan jenis sambal ini. Sambal cabai hijau ini asalnya dari Minang. Itulah kenapa sambal ini tidak pernah lepas dari masakan Padang.

Warna hijau pada sambal ini berasal dari cabai hijau dan tomat hijau. Dari segi rasa, pedasnya tidak terlalu fantastis, mungkin karena semua bahan direbus dan ditumis. Tapi jangan salah, sedapnya tidak kalah dari sambal yang lain.

bursa poker

BURSAPOKER-Situs judi poker online terpercaya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed