oleh

Roti croissant

Roti croissant atau yang dalam bahasa Inggris disebut croissant merupakan kue kering (pastry) yang berasal dari Perancis. Dinamakan demikian karena bentuk kue satu ini mirip dengan bulan sabit. Ada banyak sekali sumber yang menyebutkan mengenai asal usul ditemukannya croissant.

Pada tahun 732 menurut legenda, roti ini berasal dari kawasan Eropa yang dibuat untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atas pasukan Umayyad dalam sebuah peperangan Tours. Mereka membentuk mirip bulan sabit lantaran ingin menunjukan lambang atau ikon pasukan Islam.

Sedangkan legenda dari sumber-sumber asal usul croissant yang lain, menyebutkan bahwa kue satu ini dibuat di Buda atau Vienna pada tahun 1683 untuk merayakan kemenangan pasukan Kristen atas Ottoman memperebutkan sebuah kota. Bentuk dari kue ini terinspirasi dari gambaran bulan sabit pada bendera Ottoman.

Jaman dahulu, roti croissant dibuat dengan memerlukan waktu berhari-hari. Hal tersebut dikarenakan jaman dahulu masyarakat masih menggunakan cara tradisional untuk mengolah bahan-bahan resep croissant. Namun dewasa ini croissant banyak dibuat dengan menggunakan mesin, sehingga lebih cepat dan mudah tanpa harus menunggu lama.

Ketika awal pembuatannya, roti bulan sabit ini dibuat tanpa menggunakan isian dan mentega. Roti tanpa isian inipun masih dipertahankan di Perancis sampai sekarang. Akan tetapi diluar Perancis, roti croissant sudah dibuat dengan menggunakan tambahan isian.

Untuk isiannya sendiri saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari coklat, daging, nanas, selai, keju, dan lain sebagainya. Anda pun bisa menyesuaikan isian yang digunakannya tersebut dengan rasa kesukaan masing-masing.

 

 

 

 

 

 

Bahan-Bahan Roti Croissant

600 Gr Tepung Terigu
12 Gr ragi instan
60 Gr Gula pasir halus
30 Gr Susu Bubuk
325 ml Air Es
30 Gr Garam
Bahan Lapisan Roti

350 Gr Pastry margarine (Giling tipis gunakan dua plastik)
Bahan Olesan Roti

1 btr Telur Ayam
1 btr Kuning Telur
1 sdm Krim Kental

INSTRUKSI

Pertama-tama, siapkan dahulu wadah besar dan campurkan tepung terigu, gula pasir halus, susu bubuk dan ragi instan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu tuangkan air es sedikit demi sedikit dan ulenin adonan bisa menggunakan tangan saja.
Tambahkan garam halus kedalam adonan dan aduk kembali hingga kalis. Diamkan adonan dan simpan kedalam lemari es selama 15 menit.
Setelah menunggu 15 menit, keluarkan adonan dari lemari es lalu giling adonan secara memanjang bisa dengan rolling pin. Lakukan hingga adonan habis.
Taburkan tepung terigu pada bagian atas adonan yang sudah digiling tersebut, lalu letakan pastry margarin dibagian tengah lalu lipat adonan dengan tertutup rapat.
Kemudian giling kembali adonan secara memanjang, lipat bagian atas dan bagian bawah adonan dengan kearah tengah lalu giling secara memanjang kembali dan lipat single sekali lagi.
Simpan adonan kedalam lemari es kembali sekitar 15 menit.
Giling adonan memanjang tebal sekitar 1/2cm, potong dan bentuk menjadi segitiga dan diamkan kembali sekitar 35 menit
Lalu oleskan dengan bahan olesan dibagian atas hingga rata.
Panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius selama 15 menit atau hingga berubah warna menjadi kecokelatan.
Setelah matang, keluarkan dari oven. Roti croissant siap disajikan.

 

bursa poker

BURSAPOKER-Situs judi poker online terpercaya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed