oleh

Resep Gulai Nangka Padang

Resep Gulai Nangka Padang-Berbicara mengenai gulai nangka maka selalu membuat saya teringat dengan Tanjung Pinang, Riau. Kota kelahiran Ibu saya ini memang masakannya agak dipengaruhi oleh masakan Minang, Melayu dan China. Jadi tidak heran jika nasi lemak, gulai cincang Padang dan kwetiaw menjadi makanan yang umum kami santap. Nah berbicara mengenai sayur maka kami sekeluarga merupakan penggemar berat gulai yang terbuat dari potongan nangka muda – terkadang dengan tambahan kacang panjang dan potongan daging berlemak – di dalamnya. Rasanya sangat tasty! Jika anda penggemar nasi Kapau pasti teringat dengan gulai nangka muda dengan kacang panjang atau kubis di dalamnya. Gulai di masak dalam gelimangan santan yang tidak terlalu kental dengan rasa rempah dan bumbu yang kuat. Seperti itulah gulai nangka yang sering dimasak Ibu saya di rumah. Bumbunya memang ‘segambreng’ namun jika anda sering kali tidak puas dengan porsi gulai nangka yang diberikan di restoran Kapau (seperti saya!) maka membuatnya sendiri tentu saja menjadi alternatif terbaik.

 

 

 

 

 

 

Paling sedap menyantap si gulai nangka ini tentu saja dengan ketupat atau lontong, bersama ikan teri balado dan sebutir telur rebus, anda pun telah menciptakan lontong Medan yang laziz. Biasanya di restoran Kapau, gulai nangka atau biasa disebut gulai Kapau bersanding dengan gulai tambunsu yang terbuat dari usus sapi yang diisi dengan adonan telur dan tahu. Waktu adik saya, Wiwin, masih tinggal di Duri, Riau, setiap kali saya mengunjunginya, maka selalu tak lupa untuk mampir di pasar Simpang. Di pagi hari penjual gulai tambunsu tak terhitung banyaknya. Namun hati-hati, terkadang usus hanya diisi dengan tahu tanpa rasa telur sama sekali di dalamnya. Jadi mungkin membelinya dalam porsi kecil dan mencicipinya terlebih dahulu merupakan pilihan terbaik.

Keluarga saya tentu saja tidak pernah menghadirkan gulai usus di rumah, selain proses mengolahnya yang ‘ribet’, kadar kolesterol makanan ini juga selangit. Bahkan di restoran Kapau pun saya jarang memesan menu ini. Namun kami suka sekali menyantap si gulai nangka dengan rendang daging yang super laziz. Ibu saya memiliki resep andalan rendang daging yang tidak pernah mengecewakan lidah siapapun yang mencicipinya. Kolaborasi keduanya menurut saya bisa menjadi menu spesial saat anda ingin menjamu tamu di rumah.

Untuk membuat gulai nangka ini sama sekali tidak sulit, dengan kemajuan teknologi maka menghaluskan bumbu yang lumayan banyak menjadi mudah, membuat proses memasak masakan super ribet a la Sumatera seperti ini bisa dilakukan dengan mata terpejam. Okeh, mungkin itu terlalu lebay, tapi jika anda selalu menyediakan aneka bumbu bubuk di rumah seperti yang saya lakukan maka proses memasak menjadi sangat praktis dan cepat. Cabai dan aneka bawang? Serahkan saja kepada blender atau chopper atau food processor, saya sendiri lebih memilih chopper. Ukurannya yang kecil dan tidak banyak alat yang harus dipasang membuat proses membersihkannya pun menjadi cepat. Selain itu, kelebihan chopper dibandingkan blender dry mill (untuk biji-bijian) adalah alat ini mampu bergerak dengan baik tanpa perlu menambahkan air atau minyak. Tentu saja hasilnya tidak akan sehalus menggunakan blender, namun untuk bumbu rendang atau gulai seperti ini dimana masakan dimasak hingga waktu yang lama maka bumbu yang kasar sekalipun akan mampu berbaur dan menyatu dengan masakan. Saya bahkan menggunakan chopper untuk membuat sambal balado dan hasilnya tetap oke! Ini bukan iklan chopper, tapi semata hanya sharing tips perkakas dapur yang saya gunakan untuk membuat proses memasak anda menjadi lebih cepat dan hemat tenaga.

bursa poker

BURSAPOKER-Situs judi poker online resmi dan terpercaya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed