oleh

manfaat dari Diet Keto

Nutrisikalori-Apa itu diet keto dan apa manfaat dari diet keto dan jenis-jenis makanan yang di gunakan. Diet keto merupakan salah satu jenis diet yang dipopulerkan para model di amerika dengan metode menggurangi karbohidrat namun menambah asupan lemak, diet keto mirip dengan diet Atkins (rendah karbohidrat tapi tinggi protein).

Walau tinggi lemak, namun lebih dari 20 hasil studi menyatakan kalau diet keto bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Jenis diet ini bahkan digadang-gadang mampu mencegah diabetes, kanker, epilepsi, serta Alzheimer.

bursa poker

 

 

 

 

 

 

 

 

Diet keto dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan lemak. Menurunnya asupan karbohidrat ini membuat tubuh tidak lagi mendapatkan sumber energi sehingga terjadi yang namanya ketosis.

Ketosis adalah proses metabolisme yang normal ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa (karbohidrat) sebagai energi, maka tubuh membakar lemak yang tersimpan sebagai penggantinya. Ini menghasilkan penumpukan asam yang disebut keton di dalam tubuh.

Berkurangnya asupan karbohidrat dalam diet keto otomatis juga membuat kadar gula dalam darah dan insulin menurun drastis.

Mengenal Jenis-Jenis diet keto
Hingga saat ini, paling tidak terdapat 4 jenis diet keto, yakni:

  • SKD (standard ketogenic diet) – karbohidratnya sangat rendah, disertai protein secukupnya dan banyak lemak. Perbandingan makanan dari tipe diet ini adalah 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat.
  • Diet keto tinggi protein – agak mirip dengan SKD, namun tipe ini melibatkan lebih banyak protein, dengan rasio 60% lemak, 35% protein, dan 5% karbohidrat.
  • CKD (cyclical ketogenic diet) – diet ini masih melibatkan konsumsi karbohidrat yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu, misalnya 5 hari diet keto diikuti dengan 2 hari diet tinggi karbohidrat.
  • TKD (targeted ketogenic diet) – diet ini mengizinkan Anda menambahkan jumlah karbohidrat tatkala sedang berolahraga.

Diet keto untuk menurunkan berat badan
Seperti disebutkan di awal tadi, diet keto dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Hasil riset bahkan menunjukkan kalau diet keto lebih unggul ketimbang diet rendah lemak.

Salah satu alasannya karena meningkatnya asupan protein yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Di samping itu, meningkatnya keton dan sensitivitas terhadap insulin, serta turunnya kadar gula darah juga turut menjadi nilai plus dari diet keto.

Bonusnya lagi, diet ini bikin kenyang sehingga Anda tidak perlu menghitung kalori atau memilah-milah makanan jika ingin kurus. Sebuah studi mendapati kalau pelaku diet keto dapat menurunkan berat badannya 2,2 kali lebih banyak ketimbang mereka yang membatasi kalori saat melakukan diet rendah lemak. Di samping itu, kadar HDL dan trigliserida juga terkena dampak baik karenanya.

Hasil penelitian lain bahkan menjumpai kalau pelaku diet keto berhasil menurunkan berat badan 3 kali lebih besar daripada diet yang direkomendasikan oleh pihak Diabetes Amerika Serikat.

 

Bursapoker situs judi poker online terbaik.

bursa poker

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed