oleh

ikan pindang

Ikan pindang merupakan asupan nutrisi yang sangat baik buat kesehatan. Jadi, usahakan untuk mengonsumsi ikan sebagai pengganti ayam atau daging. Ikan sendiri ada bermacam-macam. Salah satu ikan yang paling mudah ditemukan sendiri adalah ikan pindang. Biasanya, ikan sudah memiliki rasa asin sehingga kita hanya perlu mencucinya kemudian menggorengnya.
Ikan pindang merupakan salah satu produk olahan ikan tradisional yang sangat populer dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan urutan posisi dalam pengolahan tradisional, produk pindang menduduki posisi ke 2 setelah produk ikan asin

 

 

 

 

 

 

Ikan diolah dengan kadar garam rendah. Cara pengolahannya sangat mudah, merupakan gabungan dari penggaraman dan perebusan sehingga memberikan cita rasa yang khas. Prinsip proses pemindangan adalah merebus ikan dalam larutan garam selama waktu tertentu dalam suatu wadah, kemudian wadah tersebut langsung digunakan untuk penyimpanan dan pengangkutan dalam pemasarannya.

Dengan demikian, bahan tambahan yang digunakan adalah hanya air dan garam. Air digunakan untuk mencuci dan merebus ikan, sedangkan garam digunakan untuk pembuatan larutan perebusan guna mengawetkan ikan. Garam yang digunakan berperan sebagai pengawet sekaligus memberikan cita rasa pada ikan, sedangkan perebusan untuk mematikan sebagian besar bakteri pada ikan terutama bakteri pembusuk.

Proses pengolahan ikan pindang secara tradisional banyak dilakukan oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia dengan beberapa cara atau teknik pengolahan. Seperti pindang cue (perebusan di dalam air garam), pindang garam (pemanasan dengan garam dan sedikit air), pindang presto (pemindangan dengan tekanan tinggi atau pindang duri lunak, terutama untuk ikan bandeng).

Jenis ikan yang paling banyak diolah dengan cara pemindangan adalah ikan layang dan kembung, namun ikan lainnya juga dapat dipindang, seperti ikan tongkol, cakalang, tuna, selar, tembang, lemuru, bandeng, dan lain-lain.

Cara Membuat ikan pindang : 

    • Panaskan minyak, tumis bawang putih dan merah hingga harum.
    • Tambahkan cabai ke dalam tumisan bawang, aduk rata.
    • Tambahkan kaldu ayam bubuk dan gula secukupnya, siram dengan sedikit air.
    • Masukkan ikan pindang ke dalam bumbu, aduk rata hingga bumbu tercampur.
    • Tambahkan buah tomat, masak hingga semua bahan matang dan mendidih.
    • Resep yang sangat mudah kan ladies? Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah suka. Agar tumis pindang ini tidak gosong, masak dengan api kecil saja.
    • Koreksi rasa, jika sudah enak segera angkat tumis pindang yang telah matang.

bursa poker

Bursapoker-situs judi poker online terpercaya


 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed