oleh

Fish and Chips

Fish and chips adalah makanan khas British, namun enak juga dijadikan camilan di Indonesia. Buatnya juga nggak susah lho. Ini cara membuatnya sendiri di rumah.

Siapa yang tidak tahu hidangan fish and chips? Awalnya hidangan ini adalah hidangan yang sederhana yang diperuntukkan untuk kelas pekerja di negeri asalnya, Inggris. Namun, rasanya yang gurih dan lezat tentunya tidak bisa disepelekan begitu saja dan terbukti mampu memikat hati banyak orang.

Ikan yang melimpah

Sesuai namanya, fish and chips ini adalah kombinasi antara ikan dan kentang goreng. Ikan yang digunakan pun sudah bersih dari tulang dan dibalur oleh adonan tepung, kemudian digoreng. Sejarah dari fish and chips sendiri diperkirakan dimulai di Inggris sekitar tahun 1830.

Kekayaan ikan di laut bagian utara dinilai sebagai alasan munculnya menu ini. Ditambah lagi dengan perkembangan transportasi kereta api yang membuat ikan dapat dengan cepat didistribusikan sehingga secara otomatis hidangan fish and chips ini pun semakin menyebar di Inggris.

Di tahun 1860, muncullah gerai fish and chips pertama kalinya di kota London yang dikepalai oleh Joseph Malin. Gerai ini memang sangat sederhana, hanya dilengkapi dengan wajan besar berisi minyak dengan bahan bakar batu bara. Namun, ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa gerai fish and chips pertama dibuka pertama kali oleh imigran asal Belgia, Edward De Gernier di Greenmarket City pada tahun 1870.

Beda negara, beda penyajian

Tahun demi tahun berlalu, fish and chips semakin digemari. Hingga akhirnya pada tahun 1986 muncullah menu fish and chips kelas resto. Pada abad ke-20, hidangan ini mulai diberikan inovasi dengan tambahan variasi lain seperti jenis saus dan makanan pendamping.

Di beberapa negara penyajian fish and chips pun berbeda-beda. Contohnya di Amerika Serikat, fish and chips disajikan bersama dengan coleslaw. Sementara itu di Kanada, fish and chips disajikan dengan saus tartar dan seiris jeruk lemon. Di New Zealand dan Australia pun penyajian fish and chips berbeda di mana kedua negara ini menaburkan garam di atas ikan dan kentang sebelum disajikan.

Bahan:

3 buah kentang (bisa diganti fried fries/wedges frozen siap pakai)
3 potong ikan dori (ikan fillet apa pun juga bisa)
100 gr tepung terigu
1 butir telur
100 ml susu cair
1 sdt baking powder
Bumbu marinate ikan:

1 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1 sdm jeruk lemon
Bahan saus:

100 gr mayonaise
1/4 buah lemon, peras airnya
1/2 buah tomat
1 sdt daun peterseli kering
Cara membuat:

Potong-potong kentang dan rendam dalam air es. Rendam ikan dengan bumbu marinate.
Campurkan tepung dengan baking powder, garam dan lada bubuk. Aduk rata, tuang susu dan masukkan telur, kocok rata. Biarkan 20 menit.
Masukkan kentang ke dalam adonan dan goreng hingga kecokelatan dan krispi. Tiriskan.
Celupkan ikan ke dalam adonan tepung dan goreng hingga matang.
Buat saus mayonaise
Fish n chips doritos siap dinikmati dengan saus mayonaise.

 

bursa poker
Bursapoker-Situs judi poker online terpercaya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed