oleh

3 Jenis Sambal Dari Seluruh Penjuru Nusantara

3 Jenis Sambal Dari Seluruh Penjuru Nusantara. Ada yang tidak lengkap jika orang Indonesia makan tanpa sambal. Apapun jenis makanannya, jenis sambal apapun selalu ada untuk melengkapi. Saat traveling atau tinggal di luar negeri pun, sambal kemasan selalu menjadi makanan yang wajib dibawa. Ibarat kata, orang Indonesia tidak bisa hidup tanpa sambal.

 

 

 

 

 

 

1. Sambal Bajak

Jenis sambal yang satu ini paling mudah ditemukan di daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah. Biasanya sambal bajak selalu disediakan dengan cuma-cuma di warung makan. Karakter sambal bajak lekat dengan rasa pedas dan manis. Warnanya merah pekat karena menggunakan banyak cabai merah besar dan cabai keriting. Bisa dikatakan, sambal ini ramah di perut kalian yang tidak terlalu suka sambal. Selain karena rasanya tidak terlalu pedas, sambal bajak selalu disajikan dalam kondisi matang dan sudah ditumis.

2. Sambal Terasi

Tidak semua orang suka dengan jenis sambal yang satu ini. Aroma sambal terasi memang tidak terlalu sedap untuk sebagian orang. Tapi buat kalian yang suka sekali dengan terasi, sambal ini tentu menjadi pelengkap yang tidak boleh ketinggalan.

Sesuai dengan namanya, bahan utama dari sambal ini adalah terasi. Terasi sendiri dibuat dari campuran garam, nasi, dan udang rebon yang difermentasikan, kemudian ditumbuk dan dibentuk menjadi kotak-kotak. Saat diolah menjadi sambal, terasi akan diuleg bersama cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, gula Jawa, dan tambahan tomat agar rasanya makin segar.

3. Sambal Matah

Kalian tentu sudah sangat familiar dengan jenis sambal yang satu ini, sambal matah. Sambal ini berasal dari Bali dan merupakan jenis sambal yang disajikan mentah karena tidak melalui proses tumis dan uleg. Bahan pembuat sambal matah, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, jeruk, limau, dan sereh, diiris satu persatu, lalu dicampur dan diberi minyak kelapa.

Rasanya sangat segar dan pastinya lebih sehat karena nutrisi dalam bahan-bahan pembuatnya masih utuh dan tidak dimasak. Di Bali, sambal matah digunakan menjadi sambal pelengkap berbagai lauk pauk, seperti ayam goreng, bebek goreng, hingga ikan goreng.

 

bursa poker

BURSAPOKER-Situs judi poker online terpercaya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed